RSS

Tips Zikir 3

Sebelum lebih jauh membahas tips 3 ini, admin suguhkan beberapa artikel menarik yang valid dari beberapa komentar ulama yang dihimpun dari berbagai sumber net dan cetak. Insya Allah dilanjutkan dengan Tips (3) bagian kedua “Kesimpulan dan Catatan Majelis”.

Dengan ucapan Bismillah, wash sholatu was salamu ‘ala rosulillah wa alihi wa shobih, bacala…h dengan penuh perhatian dan penuh cinta !!!

Fatwa sayyid Abdur-Rahman bin Musthofa Al-Idrus

Al-Allamah sayyid Abdurrohman bin musthofa Al-Idrus (tinggal di mesir), menyatakan (dalam penjelasan Beliau tentang sholawatnya sayyid Ahmad Al-Badawi.

Komentar ini di tulis dalam kitab yang berjudul ”Miraatu Al-Syumus fi manaqibi Aali Al-Idrus “): bahwa di akhir zaman nanti, ketika sudah tidak di temukan seorang murobbi (Mursyid) yang memenuhi syarat, tidak ada satu pun amalan yang bisa mengantarkan seseorang wushul (ma’rifat) kepada Allah kecuali bacaan Sholawat kepada Nabi SAW, baik dalam keadaan tidur maupun terjaga.

Kemudian setiap amalan itu mungkin di terima dan mungkin juga di tolak kecuali bacaan sholawat kepada Nabi SAW yang pasti di terima, karena memuliakan kepada Nabi Sayyid Abdur Rohman meriwayatkan keterangan tersebut berdasarkan kesepakatan ulama’. Ketahuilah sesungguhnya para ulama’ telah sepakat atas diwajibkannya membaca “Sholawat dan Salam” untuk Baginda Nabi SAW. Kemudian mereka berselisih pendapat mengenai “kapan” kewajiban itu harus dilaksanakan?.

Menurut Imam Malik, cukup sekali dalam seumur. Menurut Asy-Syafi’i, wajib dibaca pada tasyahud akhir dalam sholat fardhu. Menurut ulama’ lainnya, wajib dibaca satu kali dalam setiap majlis. Ada juga ulama’ yang berpendapat, wajib dibaca setiap kali mendengar nama nabi disebut. Dan ada juga yang mengatakan wajib untuk memperbanyak sholawat, tanpa di batasi bilangan tertentu.

Secara umum, membaca sholawat kepada nabi, merupakan hal yang agung dan keutamaannya pun sangat banyak. Membaca sholawat, merupakan bentuk ibadah, yang paling utama dan paling besar pahalanya. Sampai-sampai sebagian kaum “arifin”, mengatakan : “sungguhnya sholawat itu, bisa mengantarkan pengamalnya untuk ma’rifat kepada Allah, meskipun tanpa guru spiritual ( mursyid )” . Karena guru dan sanadnya, langsung melalui Nabi. Ingat ! setiap sholawat yang dibaca seseorang selalu diperlihatkan kepada beliau dan beliau membalasnya dengan do’a yang serupa ( artinya nabi tahu siapa saja yang membaca sholawat kepada beliau dan nabi menjawab sholawat dengan do’a yang serupa kepada pembacanya tadi ).

Hal ini berbeda dengan dzikir-dzikir ( selain sholawat ) yang harus melalui bimbingan guru spiritual/mursyid, yang sudah mencapai maqom ma’rifat. Jika tidak demikian, maka akan dimasuki syaithon, dan pengamalnya tidak akan mendapat manfaat apapun”.

( Hasyisyah Ash-Showi ‘la Al-Jalalain, Hal :287,Juz III, Toha Putra )

KEUTAMAAN SHOLAWAT

Berikut beberapa keutamaan shalawat dan hal-hal yang berkenaan dengannya yang di kutip dari Kitab Nashaihud Diniyyah Wal Washayal Imaniyah, Karya Al Habib Abdullah Bin Alawi Al Haddad, seorang ulama besar abad 17.

Shalawat untuk Rasulullah SAW memiliki keutamaan yang besar dan menghasilkan manfaat yang banyak di dunia dan akhirat bagi orang-orang yang banyak mengucapkannya. Allah Ta’ala dalam Firman Nya yang maksudnya,

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah penghormatan kepadanya”. [Al Ahzab:56]

Cukuplah bagimu apa yang di sebutkan Allah SWT di atas sebagai penghormatan dan pengagungan bagi Nabi Nya serta dorongan bagi para hamba Nya yang mu’min untuk mengucapkan shalawat dan salam baginya.

Nabi Muhammad SAW Bersabda “Barangsiapa bershalawat untukku sekali, maka Allah Bershalawat untuknya 10 kali.”

Seorang alim berkata, “Andaikata Allah bershalawat untuk hamba sepanjang umurnya sekali, niscaya hal itu telah cukup baginya sebagai kehormatan dan kemuliaan.”

Maka bagaimana dengan 10 shalawat untuk setiap shalawat yang di ucapkan muslim untuk Nabinya? Maka Segala Puji bagi Allah atas karunia Nya yang banyak dan pemberian Nya yang besar.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa bershalawat untukku sekali, maka Allah bershalawat untuknya 10 kali, dan mengangkat baginya 10 derajat, menulis baginya 10 kebaikan dan menghapus darinya 10 kesalahan.”

Nabi SAW juga bersabda “Orang yang paling banyak mendapat perhatianku pada hari kiamat ialah orang yang paling banyak shalawatnya untukku”.

Nabi SAW bersabda “Barangsiapa mengucapkan; ‘ Allahumma Shalli ‘Alaa Muhammad Wa Anzilhu al-Maq’adal Muqarrab ‘indaka Yaumal Qiyaamah.’ (Ya Allah bershalawatlah untuk Muhammad dan tempatkan dia di tempat yang dekat di sisi Mu pada hari kiamat), maka Wajiblah ia mendapat syafa’atku”.

Dalam sabdanya SAW,”Barangsiapa mengucapkan, Jazallahu ‘Anna Muhammad Maa Huwa Ahluhu (Semoga Allah membalas jasa Muhammad terhadap kami sebagaimana mestinya), maka ia pun telah memayahkan 70 malaikat menulis selama 1000 pagi”

Rasulullah SAW bersabda “Bershalawatlah kalian untukku di mana pun kalian berada, karena shalawatmu sampai kepadaku.”

Di riwayakan bahwa Allah mempunyai Malaikat-malaikat yang berkeliling bumi menyampaikan kepada Nabi SAW, Shalawat dari ummatnya yang bershalawat untuknya.

Diriwayatkan pula bahwa tidaklah seorang dari ummatnya memberi salam kepadanya, melainkan Allah mengembalikan ruhnya yang mulia kepadanya hingga menjawab salamnya. Telah di riwayatkan pula jawaban yang berlipat atas siapa yang memberi salam Kepadanya SAW.

Nabi SAW bersabda, “Telah menjadi hina orang yang namaku di sebut di dekatnya, namun ia tidak bershalawat untukku”

Rasul SAW bersabda, “Barangsiapa yang aku di sebut di dekatnya, namun tidak mengucapkan shalawat untukku, ia pun telah menyimpang dari jalan syurga”

Nabi SAW bersabda, “Perbanyaklah mengucapkan shalawat untukku pada hari jum’at, karena shalawat untukku di tunjukkan kepadaku pada setiap Jum’at. Maka yang terdekat di antara mereka kedudukannya dariku pada hari kiamat ialah yang paling banyak bershalawat kepada ku”.

Nabi SAW juga bersabda, “Bershalawatlah kalian untukku pada malam yang cemerlang dan hari yang indah.” Yakni, malam Jum’at dan siangnya.

Oleh karena itu setiap mu’min patut memperbanyak shalawat untuk Rasul SAW dalam seluruh waktunya dan pada malam Jum’at dan siangnya secara khusus. Hendaklah ia menggabungkan salam dengan shalawat untuknya. Allah telah menyuruh mengucapkan keduanya bersama-sama.

Di sebutkan dalam hadits dari Allah Ta’ala bahwa Dia berkata kepada Nabi SAW, “Barangsiapa bershalawat untukmu, Aku pun bershalawat untuknya. Dan siapa mengucapkan salam untukmu, Aku pun mengucapakan salam untuknya”.

Barangsiapa mengucapkan shalawat dan salam untuk Nabi SAW, hendaknya ia ucapkan shalawat dan salam untuk keluarga Nabi SAW sesudahnya, karena Beliau SAW menyukai hal itu bagi mereka. Telah di riwayatkan banyak hadits mengenai hal itu. Disebutkan dalam suatu atsar bahwa shalawat yang di dalamnya tidak terdapat shalawat untuk keluarga Nabi Muhammad SAW maka shalawat tersebut di namakan shalawat yang buntung. Wallahu A’laam..

Di sarikan dari terjemahan Kitab Nashaihud Diniyyah Wal Washayal Imaniyyal. Sayyid Zaid Husain Al Hamid. Diterbitkan oleh Mutiara Ilmu Surabaya. Cetakan Pertama, Shafar 1423 H.

SELALU MEMBACA SHOLAWAT

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan memberinya rahmat kepadanya sepuluh kali.”

Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali ra di dalam kitabnya, Ihya, mengemukakan hadis dari Abdul Wahid bin Zaid yang menuturkan sebagai berikut.

Pada suatu hari, saya bersama seorang teman keluar meninggalkan rumah untuk suatu keperluan. teman saya tidak henti-hentinya mengucapkan shalawat, baik di saat sedang berdiri, duduk, bergerak maupun diam. Ketika kutanyakan hal itu kepadanya, ia menjawab :

Anda saya beritahu soal itu. Dahulu saya bersama ayah pergi ke Makkah untuk pertama kali. Dalam perjalanan berangkat saya ketiduran di suatu tempat. Dalam mimpi saya melihat seorang datang mendekatiku, lalu berkata, “Bangunlah. Allah telah mewafatkan ayahmu dalam keadaan wajahnya kehitam-hitaman!”

Saya bangun dalam keadaan takut dan bingung. Ayah kuhampiri dan kubuka kain penutup mukanya. Ternyata benar, ia telah menjadi mayit dan wajahnya tampak kehitam-hitaman. Saya sungguh ketakutan sekali. Beberapa saat kemudian, dalam keadaan bingung dan sedih, saya tertidur kembali.

Kali ini saya mimpi lagi melihat empat orang lelaki berkulit hitam, masing-masing memegang tongkat besi. Tiba-tiba datang seorang lelaki berwajah rupawan berpakaian warna hijau. Kepada orang-orang yang berkulit hitam itu ia berkata,

“Menyingkirlah kalian semua!.”

Lelaki rupawan itu lalu mengusap-usap muka ayahku dengan tangannya. Lalu mendekatiku seraya berkata,

“Hai, bangunlah. Allah telah memutihkan muka ayahmu.”

Aku bertanya,

“Anda siapa?.”

Ia menjawab,

“Aku Muhammad.”

Ketika bangun, saya segera menghampiri ayah dan kubuka kain penutup mukanya, dan ternyata wajahnya tampak keputih-putihan. Sejak itu saya tidak pernah meninggalkan shalawat kepada Rasulullah.

[Disarikan dari Mutiara Zikir & Doa, Al-Habib Alwi bin Ahmad Alhaddad, hal. 111, cetakan I, penerbit Pustaka Hidayah]  ————————

-Next: insya Allah. Artikel ini akan dikirim ulang disertai sisipan syarah dari admin majelis.

Lihat Selengkapnya

Top of Form

Tips (3) “Sholawat” bagian kedua [komentar majelis]

Fatwa sayyid Abdur-Rahman bin Musthofa Al-Idrus

Al-Allamah sayyid Abdurrohman bin musthofa Al-Idrus (tinggal di mesir), menyatakan (dalam penjelasan Beliau tentang sholawatnya sayyid Ahmad Al-Badawi.

Komentar ini di tulis dalam kitab yang berjudul ”Miraatu Al-Syumus fi manaqibi Aali Al-Idrus “): bahwa di akhir zaman nanti, ketika sudah tidak di temukan seorang murobbi (Mursyid) yang memenuhi syarat, tidak ada satu pun amalan yang bisa mengantarkan seseorang wushul (ma’rifat) kepada Allah kecuali bacaan Sholawat kepada Nabi SAW, baik dalam keadaan tidur maupun terjaga.

KOMENTAR MAJELIS

PERNYATAAN AL HABIB DI ATAS PERLU DITELAAH DAN DIKAJI ULANG UNTUK MENGHINDARI KESALAHAN FATAL DALAM MEMAHAMINYA. SIMAKLAH DENGAN TELITI DENGAN TETAP MEMOHON KEPADA ALLAH SWT AGAR DIBERIKAN KEJERNIHAN HATI DAN PIKIRAN SETIAP KALI MENYIKAPI PERNYATAAN YANG KELUAR DARI LISAN PARA WALINYA.

1. SANG EMPUNYA KALAM INI ADALAH SALAH SEORANG WALI ALLAH (QUTHB) YANG TELAH BERADA DI MAQOM AGUNG INI. WALI ALLAH YANG TELAH BERADA PADA MAQOM INI SENANTIASA DIDAMPINGI SANG MURSYID SEJATI YAKNI RASULULLAH SAW. SINGGASANA MAQOM INI DIRAIH DAN DIPEROLEH WALI ALLAH SETELAH MELALUI TAHAPAN PROSES YANG SANGAT PANJANG DAN MELELAHKAN, BAIK FISIK TERLEBIH ROHANI. BELIAU MEMBERIKAN PERNYATAANNYA LANGSUNG PADA POIN MAQOM, TANPA MENYEBUTKAN TAHAPAN UNTUK MEMPEROLEHNYA SECARA DETAIL, DENGAN ALASAN HAL TSB SUDAH DIMAKLUMI OLEH PARA “PEJALAN ROHANI”, YANG NOTABENE SUDAH MEMILIKI PERSYARATAN DASAR DI ANTARANYA: TAKWA LAHIR DAN BATHIN, AQIDAH ASWAJA YANG TIDAK DICEMARI OLEH KESESATAN, TELAH SEMPURNA MENGAMALKAN ILMU KEFARDHUAN DAN TELADAN KERASULAN,… DAN BERBAGAI PERSYARATAN SYARIAT LAINNYA. JADI PERNYATAAN DI ATAS JANGAN DITELAN MENTAH, DALAM ARTI BAHWA HANYA DENGAN MEMPERBANYAK SHOLAWAT SEMATA SESEORANG DENGAN MUDAHNYA MENCAPAI MAQOM TSB.

2. MUNGKIN DI KALANGAN MEMBER ADA YANG BELUM MENGENAL ISTILAH MURSYID DALAM PENGERTIAN YANG SESUAI DENGAN MAQOM INI.

MURSYID DALAM HAL [JALUR SHOLAWAT] INI TIDAKLAH SAMA DENGAN MURSYID VERSI TAREKAT ZIKIR PADA UMUMNYA.

JIKA DALAM VERSI TAREKAT ZIKIR, SANG MURSYID BERPERAN PENTING DALAM PEMBAIATAN LAFAL ZIKIR DAN JUKLAKNYA, MAKA MURSYID DALAM VERSI/JALUR INI LEBIH CENDRUNG ‘MENGULURKAN MADAD’ ATAU DORONGAN PROPOSAL ROHANIAH SERTA MERINTISKAN JALAN UNTUK ORANG2 YANG DI BELAKANGNYA; SEMUA ITU DILAKUKAN SECARA AMAT SANGAT RAHASIA (SIRRUL ASRAR) TANPA HARUS DIKETAHUI OLEH SEORANG PUN DARI PENGIKUTNYA.

ITULAH SEBABNYA TAREKAT SHOLAWAT SEAKAN-AKAN TIDAK MEMILIKI KESAN YANG SIGNIFIKAN (INSTAN) BAGI PENGAMALNYA. MENGAPA ??? KARENA “KELELAHANNYA” TELAH DIAMBIL ALIH OLEH SANG MURSYID SHOLAWAT. BERBEDA DENGAN MURSYID ZIKIR, SANG MURID AKAN DIBERIKAN BERBAGAI MACAM PROGRAM DAN KURIKULUM LATIHAN ROHANI YANG HARUS DILAKSANAKAN OLEH PEZIKIR DENGAN KONSISTEN SERTA TIDAK BOLEH DIRUBAH. VERSI INI WALAUPUN BARU DILAKUKAN 40 HARI PENGARUHNYA SUDAH DAPAT DIRASAKAN DI BATIN PEZIKIR. KENAPA ??? WAJAR SAJA, ORANG YANG KELELAHAN WALAU HANYA DENGAN SETEGUK AIR SUDAH MERASA NIKMAT. IA KAN ???

NAH SEKARANG BANDINGKAN DENGAN SHOLAWAT, SEBERAPA PUN BANYAKNYA SHOLAWAT YANG DIBACA, TIDAK AKAN SERTA MERTA PENGARUHNYA DAPAT KITA RASAKAN. KENAPA YA ???

PERTAMA: KARENA KITA TINGGAL MENAPAKI JALAN YANG TELAH DIRINTISKAN OLEH MURSYID TERDAHULU SECARA PERMANEN. JADI TIDAK BANYAK ENERGI YANG KITA GUNAKAN.

KEDUA: SHOLAWAT TIDAK PERLU BERADAPTASI DENGAN KONDISI FISIK DAN MENTAL PENGAMALNYA [BERBEDA DENGAN ZIKIR, YANG HARUS LEBIH DAHULU MENGUSIR SETAN YANG BERSARANG DI BATIN]. JADI, TATKALA DIA MENANG BERTEMPUR DENGAN SETAN, BATINNYA SUDAH MERASAKAN KEPUASAN. PADAHAL DIA BARU DIKATAGORIKAN BERHASIL MEMBERSIHKAN TETAP ‘ZIKIR’, BELUM LAGI DIA BERZIKIR.

KETIGA: REDAKSI AMALAN SHOLAWAT YANG BAGAIMANAPUN BANYAKNYA [DALAIL] SAMA PERSIS DENGAN YANG DIBACA OLEH MURSYID SANG PERINTIS JALAN KITA. ADAPUN ZIKIR, KENDATIPUN JUGA SAMA REDAKSINYA DENGAN PERINTISNYA, TETAPI TIDAK SAMA DENGAN KONDISI HATI PENGAMAL PEMULANYA, SEHINGGA HARUS DIAWALI DENGAN KONSENTRASI PENUH. ARTINYA, SETAN LEBIH MUDAH MENDETEKSI NIAT SESEORANG YANG INGIN BERZIKIR DARIPADA BERSHOLAWAT. KENAPA PULA ??? JAWABNYA KARENA ALLAH LEBIH MENGHARGAI ORANG YANG MENGGUNAKAN RASUL SAW SEBAGAI WASILAH DARIPADA TEMBAK LANGSUNG !!! ALLAH LEBIH MEMPERHATIKAN HAMBA YANG MEMATUHI PROSEDUR DARIPADA YANG ANGKUH BERJALAN SENDIRI.

TERUS … KALAU ANDA MENGATAKAN BAHWA BERSHOLAWAT JUGA ‘LELAH’, MAKA KETAHUILAH BAHWA ‘KELELAHAN’ ITU LEBIH DISBEBABKAN ADANYA KEMALASAN DAN KEBOSANAN YANG MEMANG TELAH BERCOKOL SEBELUMNYA.

3. DALAM PERNYATAAN DI ATAS TERDAPAT KATA “WUSHUL” ARTINYA “MENGENAL ALLAH”. MENGENAL/MAKRIFAT MEMILIKI TAHAPAN MAKNA SEBELUM DIARTIKAN SEBAGAI MAQOM ATAU KELAS ROHANI SEORANG HAMBA DI SISI TUHANNYA.

MAKRIFAT ITU BERARTI MENGENAL ALLAH, TAUHID ADALAH JALANNYA.

MAKRIFAT ITU BERARTI M ENGENAL UNDANG2 ALLAH, FIQIH ADALAH PANDUANNYA.

MAKRIFAT ITU BERARTI MENGENAL HAK ALLAH, RASULNYA, PEWARISNYA, MAKHLUK ALLAH LAINNYA; AKHLAK ADALAH SARANA ILMUNYA.

MAKRIFAT YANG BERARTI MAQOM/KELAS DI SISI ALLAH, HANYA AKAN DIBERIKAN KEPADA HAMBA YANG SUKSES MENGENAL DAN MELAKSANAKAN TIGA MAKNA MAKRIFAT DI ATAS [DEMIKIAN MENURUT SUNNATULLAH]. ADMIN TIDAK BERARTI MEMBATASI KEMUTLAKAN KEKUASAAN ALLAH SWT. YANG BISA SAJA MEMBERIKAN MAKRIFAT KEPADA ORANG YANG DIA KEHENDAKI TANPA MELALUI TAHAPAN. TAPI YANG HARUS KITA GARISBAWAHI ADALAH BAHWA ALLAH SWT. SELALU MENGAJARKAN HAMBANYA AGAR MENGINDAHKAN ATURAN/IKHTIAR/PROSES/HUKUM KAUSALITAS. BUKTINYA, ALLAH JUGA MEMERINTAHKAN UNTUK BERSABAR DAN TAWAKKAL.

4. “MURSYID YANG MEMENUHI SYARAT”, YAKNI DI SAMPING HARUS ALIM LAHIR DAN BATHIN, SUMBER MAKANAN, RUMAH DAN PAKAIANNYA JUGA HARUS HALAL. BAIK MENURUT TINJAUAN SYARIAT MAUPUN BATIN. JIKA SEBALIKNYA, DIPASTIKAN TIDAK MEMILIKI BASHIRAH (MATA HATI YANG TAJAM) YANG MERUPAKAN SYARAT SEORANG MUROBBI MURSYID.

SEORANG MUROBBI DISYARATKAN MAMPU MEMANTAU KONDISI LAHIR DAN BATIN MURIDNYA, KAPAN DAN DI MANA PUN MEREKA BERADA. SULITKAN ??? DI AKHIR ZAMAN ADA SAJA SALAH SATUNYA YANG MASUK DALAM STATUS HUKUM HARAM ATAU BAHKAN SEMUANYA. SEHINGGA KITA SULIT UNTUK MENJATUHKAN PILIHAN KEMANA KITA HARUS BERMURSYID.

5. “KECUALI SHOLAWAT KEPADA NABI SAW.”

HUBUNGKAN POIN NOMOR INI DENGAN NOMOR 1.

SYARAT SHOLAWAT YANG MASUK KATAGORI INI:

A. DITERIMA DARI SEORANG YANG TELAH WUSHUL KEPADA ALLAH. DITANDAI TERJALINNYA KEDEKATAN YANG LANGGENG DENGAN RASUL SAW.  [AL HAMDU LILLAH ABAH GURU MASUK PASAL INI].

B. MEMILIKI SANAD AMALIAH YANG SECARA ROHANI DIAKUI RASUL SAW. [AL HAMDU LILLAH. NAMUN UNTUK MENJAGA FITNAH JANGAN MEMPERBINCANGKAN MASALAH INI].

C. ISTIQOMAH [INI YANG JADI MASALAHHHHH]

DEMIKIAN SEKADAR BOCORAN BERHARGA, SEMOGA BERMANFAAT. AMIN

——————

[admin-pustaka-alzahra-sebulu]

[judul asli-Sesaat Bersama Rasulullah saw-aMubarak]

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: